Jumat, 12 Maret 2010

rpp pkp ipa kelas 5


Siklus I (pertama)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/Semester : V (lima)/1 (ganjil)
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

A. Standar Kmpetensi
• Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

B. Kompetensi Dasar
• Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.

C. Hasil Belajar
• Siswa dapat memahami proses tumbuhan hijau membuat makanan sendiri.

D. Indikator
a. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
b. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

E. Materi dan Metode Pembelajaran
a. Materi
Penyesuaian hewan dengan lingkungannya
b. Media
1. Charta bagian-bagian tmbuhan





Energi dari sinar matahari digunakan untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Proses ini kemudian dikenal dengan nama fotosintesis. Secara singkat, proses fotosintesis dapat di lihat pada diagram
berikut ini.
Cahaya Matahari
Air + Karbondioksida glukosa + Oksigen
Klorofil

Secara alami, proses fotosintesis hanya berlangsung pada siang hari karena proses ini memerlukan cahaya matahari. Cahaya matahari merupakan sumber energi utama pada proses fotosintesis. Oksigen yang merupakan hasil fotosintesis dikeluarkan oleh tumbuhan melalui mulut daun (stomata) dan digunakan oleh manusia dan hewan pada proses pernapasan, meskipun sebagian digunakannya untuk bernapas. Oleh karena itu, apabila kita pada siang hari duduk di bawah pohon yang daunnya hijau dan rindang, kita merasakan sejuk karena kita banyak menghirup oksigen hasil fotosintesis.
Hasil fotosintesis lainnya, yaitu glukosa yang merupakan zat makanan yang akan diedarkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh tapis. Pada tumbuhan, glukosa ini digunakan untuk tumbuh, berkembang biak, dan sebagian disimpan sebagai timbunan makanan.


































2. Alat-alat tulis
c. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
d. Sumber
Sains IPA SD Kelas V, penerbit Erangga
Lembar Kerja Siswa IPA Permata, penerbit CV. Surya Badra

F. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal ………………………………………………. (15 menit)
1. Guru mengucapkan salam dan bersama-sama siswa untuk memulai pembelajaran.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Apersepsi, tanya jawab pelajaran yang lalu.
4. Guru menyediakan cjarta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di sekitar memperoleh makanan.

b. Kegiatan Inti ……………………………………………….. (60 menit)
1. Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
2. Siswa memperhatikan dan mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
3. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan kegiatan 4.1 untuk mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
4. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Memberikan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.

c. Kegiatan Akhir (5 menit)
1. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
2. Guru mengucapkan salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
G. Penilaian
a. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku dalam proses pembelajaran
b. Mengerjakan soal latihan tes tertulis.
 Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dinamakan ….
2. Lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun dinamakan ….
3. Dibagian manakah tumbuhan melakukan fotosintesis ?
4. Kapan tumbuhan dapat melakukan fotosintesis ….
5. Tanaman tebu menyimpan cadangan makanannya pada ….
6. Tanaman jagung menyimpan cadangan makanannya pada ….
7. Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air adalah ….
8. Yang dibutuhkan tumbuhan dalam proses fotosntesis adalah …
9. Hasil dari proses fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan ….
10. Tumbuhan kol menyimpan makanan cadangan pada ….



Putussibau, 2 Oktober 2009
Mengetahui :
Kepala SD Negeri 06 Putussibau, Mahasiswa,


SUPARMAN, A.Ma.Pd. MARGAWANI
NIP 19580902 199110 1 001 NIM 814268528




Siklus II (kedua)

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/Semester : V (lima)/1 (ganjil)
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

A. Standar Kmpetensi
• Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

B. Kompetensi Dasar
• Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.

C. Hasil Belajar
• Siswa dapat memahami proses tumbuhan hijau membuat makanan sendiri.

D. Indikator
1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

E. Tujuan Perbaikan
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

F. Materi, Media, metode dan Sumber
a. Materi
Tumbuhan hijau

b. Media
1. Charta bagian-bagian tumbuhan

Perhatikan penampang daun berikut ini !



































Gambar di atas merupakan penampang daun yang diperbesar.

Perhatikanlah bahwa pada daun terdapat sel yang mengandung kloroplas yang disebut lapisan palisade. Di dalam kloroplas terdapat zat hijau daun yang disebut klorofil. Tunjukkanlah mana bagian sel itu! Klorofil berperan pada proses pembuatan makanan yang berlangsung di daun. Selain klorofil, untuk membuat makanan tumbuhan juga memerlukan karbondioksida, air, dan sinar matahari.

2. Alat-alat tulis
c. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
d. Sumber
Sains IPA SD Kelas V, penerbit Erangga
Lembar Kerja Siswa IPA Permata, penerbit CV. Surya Badra

G. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal ………………………………………………. (15 menit)
1. Guru mengucapkan salam dan bersama-sama siswa untuk memulai pembelajaran.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Apersepsi, tanya jawab pelajaran yang lalu.
4. Guru menyediakan cjarta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di sekitar memperoleh makanan.

b. Kegiatan Inti …………………………………………………. (60 menit)
1. Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
2. Siswa memperhatikan dan mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
3. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan kegiatan 4.1 untuk mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
4. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Memberikan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.

c. Kegiatan Akhir ………………………………………………. (5 menit)
1. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
2. Guru mengucapkan salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

H. Penilaian
a. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku dalam proses pembelajaran
b. Mengerjakan soal latihan tes tertulis.
 Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dinamakan ….
2. Lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun dinamakan ….
3. Dibagian manakah tumbuhan melakukan fotosintesis ?
4. Kapan tumbuhan dapat melakukan fotosintesis ….
5. Tanaman tebu menyimpan cadangan makanannya pada ….
6. Tanaman jagung menyimpan cadangan makanannya pada ….
7. Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air adalah ….
8. Yang dibutuhkan tumbuhan dalam proses fotosntesis adalah …
9. Hasil dari proses fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan ….
10. Tumbuhan kol menyimpan makanan cadangan pada ….




Putussibau, 9 Oktober 2009
Mengetahui :
Kepala SD Negeri 06 Putussibau, Mahasiswa,


SUPARMAN, A.Ma.Pd. MARGAWANI
NIP 19580902 199110 1 001 NIM 814268528


Siklus III (ketiga)

RENCANA PERBAIKAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/Semester : V (lima)/1 (ganjil)
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

A. Standar Kmpetensi
• Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan.

B. Kompetensi Dasar
• Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan.

C. Hasil Belajar
• Siswa dapat memahami proses tumbuhan hijau membuat makanan sendiri.

D. Indikator
1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

E. Tujuan Perbaikan
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu :
1. Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
2. Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

F. Materi, Media, metode dan Sumber
a. Materi
Tumbuhan hijau
b. Media
1. Charta bagian-bagian tmbuhan
2. Alat-alat tulis
c. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
d. Sumber
Sains IPA SD Kelas V, penerbit Erangga
Lembar Kerja Siswa IPA Permata, penerbit CV. Surya Badra
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal ……………………………………………… (15 menit)
1. Guru mengucapkan salam dan bersama-sama siswa untuk memulai pembelajaran.
2. Guru mengecek kehadiran siswa.
3. Apersepsi, tanya jawab pelajaran yang lalu.
4. Guru menyediakan cjarta proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara hewan dan tumbuhan di sekitar memperoleh makanan.

b. Kegiatan Inti ……………………………………………….. (60 menit)
1. Guru menjelaskan proses tumbuhan hijau berfotosintesis.
2. Siswa memperhatikan dan mendengarkan pembelajaran yang disampaikan oleh guru.
3. Dengan bimbingan guru, siswa melakukan kegiatan untuk mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan hijau dalam berfotosintesis.
4. Dengan dipandu guru, siswa menceritakan proses fotosintesis pada tumbuhan hijau.
5. Memberikan kepada siswa untuk melakukan tanya jawab.

c. Kegiatan Akhir ………………………………………………… (5 menit)
1. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan fungsi tiap komponen yang diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis.
2. Guru mengucapkan salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
H. Penilaian
a. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan, sikap dan tingkah laku dalam proses pembelajaran
b. Mengerjakan soal latihan tes tertulis.
 Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar !
1. Proses pembuatan makanan oleh tumbuhan dinamakan ….
2. Lubang-lubang kecil yang terdapat pada permukaan daun dinamakan ….
3. Dibagian manakah tumbuhan melakukan fotosintesis ?
4. Kapan tumbuhan dapat melakukan fotosintesis ….
5. Tanaman tebu menyimpan cadangan makanannya pada ….
6. Tanaman jagung menyimpan cadangan makanannya pada ….
7. Bagian tumbuhan yang berfungsi menyerap air adalah ….
8. Yang dibutuhkan tumbuhan dalam proses fotosntesis adalah …
9. Hasil dari proses fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat dan ….
10. Tumbuhan kol menyimpan makanan cadangan pada ….

Putussibau, 16 Oktober 2009
Mengetahui :
Kepala SD Negeri 06 Putussibau, Mahasiswa,


SUPARMAN, A.Ma.Pd. MARGAWANI
NIP 19580902 199110 1 001 NIM 814268528


Lembar Kerja Siswa (LKS)


Mengetahui Pengaruh Cahaya Matahari dalam Fotosintesis

1. Sediakan alat dan bahan berikut!
a. kertas timah atau kertas karbon
b. gelas kimia
c. kompor
d. cawan petri
e. alkohol
f. panci
g. larutan yodium
h. air
i. tumbuhan dalam pot
2. Tutuplah beberapa daun dengan kertas timah atau kertas karbon! Lakukan kegiatan ini pada sore hari! Perhatikan, kedua permukaan daun harus tertutup rapat, baik permukaan atas maupun permukaan bawah daun!
3. Biarkan daun-daunan tersebut terkena sinar matahari selama satu hari!
4. Selanjutnya, petik beberapa helai daun yang ditutup dengan kertas karbon! Petik juga beberapa helai daun yang tidak ditutup dengan kertas karbon!
5. Lepaskan kertas penutup daun! Selanjutnya, masukkan daun itu dalam gelas kimia yang berisi alkohol! Tandailah dengan angka 1 pada dinding gelas kimia!
6. Masukkan daun yang tidak ditutup kertas dalam gelas kimia yang berisi alkohol. Tandailah dengan angka 2!
7. Gelas-gelas kimia ini diletakkan di dalam panci yang berisi air mendidih. Gelas-gelas direbus hingga daun berubah warna menjadi putih.
8. Setelah itu, daun dikeluarkan dan dicuci. Selanjutnya, masukkan daun tersebut dalam cawan petri berisi larutan yodium!


















9. Setelah itu, daun dikeluarkan dan dicuci. Selanjutnya, masukkan daun tersebut dalam cawan petri berisi larutan yodium!

Nomor Prilaku Warna
1. Daun yang tidak ditutup kertas karbon atau kertas timah. …………………
2. Daun yang ditutup kertas karbon atau kertas timah …………………

10. Saat kamu melakukan percobaan amati mengenai hal-hal berikut!
a. Warna daun yang ditutup dengan kertas karbon.
b. Warna daun yang tidak ditutup dengan kertas karbon.
c. Bagian daun yang mengalami fotosintesis.
d. Hasil fotosintesis dari kegiatan ini.
11. Tulislah laporan dan kesimpulan dari kegiatan tersebut! Bacakan laporan itu di depan kelas!

Catatan : Lakukan kegiatan ini di dalam laboratorium bersama gurumu!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar